Sebelas Kiat Memberantas Malas

16 Nov

Terkadang seseorang memiliki kemauan dan semangat membaca buku agama. Ia mengambil buku tersebut dan membaca atau menghafalnya. Tapi baru berjalan beberapa saat ia mulai mengantuk dan matanya ingin tidur. Bahkan sering baru saja mulai membaca atau menghafal tiba-tiba muncul rasa jemu dan malas. Pada hakekatnya ini adalah problema yang serius tapi bisa dihilangkan dengan solusi beriut ini. Diantaranya:

1. Membasuh muka dengan air dingin atau mandi ketika merasakan kantuk atau malas. Sehingga bisa merasakan kehangatan dan semangat baru.

2. Mengubah posisi duduk ketika membaca. Apabila membaca dengan berbaring, maka cobalah dengan duduk. Apabila sedang duduk maka bacalah dengan berdiri atau jalan-jalan disekitar kamar.

3. Berpindah dari ruang baca ke kamar lain dirumah, jika memungkinkan, sehingga bisa memberikan sedikit semangat.

4. Menghirup udara yang segar dengan cara berdiri di jendela tau membuka jendela-jendela kamar lain untuk menambah kesegaran.

5. Berjalan-jalan sebentar disekeliling rumah atau dipekarangannya.

6. Berbincang-bincang sebentar dengan ayah dan ibu atau dengan anggot akeluarga lainnya tentang sesuatu yang mubah, bukan yang terlarang atau yang maksiat. Kegiatan tersebut membuat anda lebih bersemangat untuk kembali membaca atau mengahafal.

7. Berdiri mebuat secangkir teh, kopi, susu atau juice, untuk menghilangkan kebosanan dan menjernihkan akal.

8. Ketika merasakan kemalasan dan kebosanan, mak aistirahat sejenak. Tapi, hati-hati jangan sampai istirahat sejenak ini menjadi tidur nyenyak yang berkepanjangan.

9. Mengubah kegiatan ketaatan. Misalnya kalau merasa bosan membaca dalam waktu dua jam, maka gantilah dengan istighfar, shalat, atau mendengar kaset-kaset islam selama satu jam, kemdian kembali membaca lagi niscaya kemalasan akan hilang.

10. Mengubah indra yang dipakai dalam beribadah. Apabila bosan membaca kitab dengan menggunakan indra mata, gantilah dengan mendengar ceramah-ceramah agama, menggunakan indra pendengar anda. Apabila bosan mendengar kaset, gantilah dengan menulis yang menggunakan indra tangan. Dengan demikain, anda akan berpindag dari satu indra ke indra yang lain tanpa anda sadari. Dan kemalsan akan hilang, semangat baru akan datang.

11. Melakukan gerak badan yang tidak membutuhkan waktu panjang. Seperti misalnya mengembalikan buku-buku ketempat semula, merapikan kaset-kaset dilaci, atau merapikan kamar. Semuanya itu akan mengembalikan semangat dan membuang kebosanan.(102 Kiat Agar Semangat Belajar Agama Membara, hal.40, Pustaka Elba).

Demikian saudariku, semoga tips-tips diatas bermanfaat bagi kita semua. Dan tidak kalah penting yang menjadi sebab paling utama dalam menghilangkan kemalasan adalah hendaknya kita selalu memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar menghilangkan sifat jelek yang satu ini. Sebagaimana Nabi shalallahu’alaihi wasallam mengajarkan kepada kita untuk berdoa dipagi dan petang hari:

  • أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوْءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ
  • “Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. Bagi-Nya kerajaan dan bagiNya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala se-suatu. Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Ya Allah, Aku berlindung kepadaMu dari siksaan di Neraka dan kubur.” HR. Muslim 4/2088.(Software Hisnul Muslim).

    Washalalallahu’ala nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi washahbihi wattabi’in.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: