Berdiri Untuk Menghormat ? (1)

31 Aug

Komite Tetap Kajian Ilmiah Dan Pemberian Fatwa Saudi Arabia

Diriwayatkan bahwa rasulullah shalallahu’alaihiwasallam suatu hari keluar menuju sekumpulan para sahabat yang sedang bertelekan pada tongkat, lalu merekapun berdiri untuk menghormatinya. Maka Nabi shalallahu’alaihi wasallam bersabda :”Janganlah kamu berdiri sebagaimana orang-orang ajm berdiri untuk menghormati sebagian dari mereka”.

Pertanyaan: Apakah hukum murid-murid berdiri untuk menghormati guru-guru ketika ia masuk kelas, apakah boleh ataukah tidak?

Jawab: Sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shalallahu’alaihi wasallam dan seburuk-buruk perkara adalah yang diada-adakan, dan sebaik-baik generasi adalah generasi yang ada padanya Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam dan generasi setelahnya yang diutamakan, sebagiamana yang telah shahih dari Rasulullah shalallahu’alaihiwasallam.

Adapun petunjuk beliau shallahu’alaihi wasallam bersama para sahabatnya adalah apabila beliau datang, mereka tidak berdiri untuk menghormatinya. Karena mereka mengetahui bahwa beliau shalallahu’alaihiwasallam tidak menyukainya. Maka seorang guru tidak boleh menyuruh murid-muridnya berdiri menghormatinya dan tidak boleh murid-murid melakukannya bila dia menyuruh hal tersebut. Karena menaati makhluk dalam rangka memaksiati Allah adalah haram.

Wabillahittaufiq, washalallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa alihi washahbihi wasallam.

Ditulis ulang dari rekaman “Sehari  Bersama Rodja”, Kumpulan Fatwa-fatwa Ulama

4 Responses to “Berdiri Untuk Menghormat ? (1)”

  1. cizkah 1 September 2009 at 11:17 pm #

    ahsanti barakallahu fiki…
    banyak waktu senggang ya Mi…alhamdulillah banyak terbantukan ni jawab2 komentar di muslimah.or.id.

    Webnya bagus contentnya…nanti boleh di kutip ya Mi insya Allah ada web baru yang sedang dalam proses launching…intinya tentang soal jawab. Apa mo ikut serta ngurus konten sekalian? Biar bersatu padu semuanya terpusat di web tersebut….Tapi ana blum bisa umbar2 di sini webnya…Hehehe..

  2. cizkah 2 September 2009 at 10:58 am #

    btw Mi…setelah ana pikir2…kenapa umi gak setor tulisan untuk muslimah.or.id….insya Allah lebih bermanfaat karena dibaca oleh banyak orang. Kan ada kategori “Tahukah Engkau Saudariku?”Intinya sama kaya isi web Umi ini, jadi menyampaikan ilmu yang ringan2 yang kadang dikira oleh orang umum adalah sesuatu yang sah-sah atau biasa, ternyata ada penjelasan syariat yang perlu diketahui mereka….

    Piye

    • Ummu Fathimah 2 September 2009 at 11:49 am #

      Iya sih mba…
      Tujuan awal ana memang bikin web yg sederhana,tulisannya yg ringkes2, itupun ana cuma nulis ulang dari kajian radio rodja..sekalian belajar ngeblog juga..
      Ya tar ana pikir lagi deh mba..tawaran-tawarannya..
      Syukran dah mampir..

  3. Ummu Fathimah 2 September 2009 at 12:27 pm #

    Ana kan pemula banget di dunia web2 an mba..kalo nulis di muslimah, temanya bebas apa harus sesuai renc.jadwal mba?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: